3.
Proses
Jual Beli
A. Teknologi
yang digunakan
·
Komputer sebagai media yang
bisa mengakses internet dan sebagai media terjalinnya transaksi tersebut
·
Mobile Phone (handphone,) merupakann media
yang sering digunakan saat ini dengan menggunakan sms dan sms
banking .
B. Model
Kerja
Seiring
dengan meningkatnya teknologi saat ini, memberi pengaruh yang
besar pada proses jual beli seperti : Via Online, merupakan sarana
jual beli yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Contoh ;
Bukalapak.com , Salestock, Bli-bli.com, Toko Pedia, dan lain sebagainya.
Layanan-layanan tersebut memberi kemudahan dalam proses jual-beli di kalangan
masyarakat. Dalam pembayarannya dapat dilakukan melalui transfer rekening
melelui ATM, kartu kredit, dan transaksi pembayarannya bisa juga
dilakukan pada saat penerimaan barang berlangsung. Umumnya,
pembayaran dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak layanan
via online tersebut.
Proses
jual-beli pilihan kedua, bisa dilakukan di mal-mal, supermarket atau minimarket
seperti Matahari, Carefour, Ramayana, Alfamart, Indomaret, Giant dan
sebagainya.
C. Nilai etika
tradisional yang hilang
·
Tidak adanya tawar menawar dalam proses
jual-beli.
·
Proses bisnis dulunya dilaksanakan
secara tatap muka antara konsumen dan produsen dan disana terdapat transaksi
tawar-menawar , misalnya dipasar. Akan tetapi sekarang dengan adanya jual beli
via online, proses tawar-menawar jarang dilakukan lagi karena
ketentuan yang telah ditetapkan pihak layanan tersebut.
·
Kehilangan rasa saling mengenal dan
silaturahmi antar konsumen dan produsen
·
Dengan adanya mall-mall seperti carefour
atau yang sejenisnya, kita sudah kehilangan seni/tradisi tawar menawar, karena
di mall-mall tersebut tidak ada barang yang bisa di tawar. Apalagi dengan
adanya paypal kita jadi kehilangan etika saling silaturahmi, karena dengan
adanya paypal kita bisa melakukan proses jual beli tanpa harus bertatap muka
dengan penjual, demikian juga sebaliknya penjual juga tidak bisa bertemu dengan
pembelinya.